September 8, 2012

Naoko - Rinko Kikuchi - Norwegian Wood


Sudah lama saya ingin menggambar karakter dalam novel Norwegian Wood karya novelis Jepang Haruki Murakami, terlebih setelah menemukan blog ini

Film dari novel itu rilis lebih kurang setahun lalu, walau (seperti kebanyakan novel yang di-film-kan) ternyata agak mengecewakan. 

Naoko adalah nama tokoh utama dalam novel itu. Seperti apa gambaran karakter Naoko? disarankan baca sendiri novelnya, kalau saya tulis di sini rasanya postingan ini akan menjadi bertele-tele :D

Dalam versi film-nya, Naoko diperankan aktris Jepang Rinko Kikuchi. Terpilihnya Rinko sebagai Naoko juga agak mengecewakan banyak penggemar novel itu. Karakter Naoko dalam novel Norwegian Wood adalah gadis remaja 18-20 tahun, sedangkan Rinko Kikuchi umurnya lebih tua beberapa tahun, dan dalam film itu, pendapat saya, Naoko yang diperankannya memang menjadi terlihat agak dewasa. 
Memang kalau soal akting, Rinko Kikuchi  adalah yang terbaik, dia salah satu bintang film muda Jepang yang mampu menembus Hollywood, perannya dalam film "Babel" (2006) mendapat pujian kritikus dan penonton,  hingga puncaknya dia masuk dalam nominasi Oscar 2006 untuk best supporting actress. Meski tak menang, raihan itu bukan perkara main-main dan menandakan dia memang bintang muda Asia yang sangat bagus.

Sketsa Naoko di atas saya buat berdasarkan salah satu scene dalam film itu. Semoga nanti ada lagi versi lain karakter -karakter dari novel bagus Haruki Murakami itu.

2 comments:

perjalanan said...

dulu..pernah baca novel ini.smp smp skrg msh b`kesan. novelnya dipinjamin yg punya blog...

perjalanan said...

dulu..pernah baca novel ini.smp smp skrg msh b`kesan. novelnya dipinjamin yg punya blog...